Jumat, 17 Mei 2013

Pangkalpinang dan Sejarahnya

Pangkalpinang adalah kota tempat kelahiran ku. Pangkalpinang merupakan Ibukota Provinsi dari Kepulauan Bangka Belitung. Menurut sejarah yang tertuang dalam Finroll Leisure Pangkalpinang merupakan kota para pahlawan merebut kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari penjajahan Belanda dan Jepang. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Pangkalpinang, Akhmad Elvian di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan, Kota Pangkalpinang merupakan kota pangkal kemenangan para pejuang merebut kemerdekaan RI. 

 
Disyahkan pada 27 Desember 1949 dalam Konferensi Meja Bundar, ditandatangani pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh Pemerintah Belanda di Den Haag. 

Sebagai wujud rasa syukur rakyat Bangka terhadap jerih payah perjuangan pergerakan kemerdekaan dibangunlah tugu pergerakan kemerdekaan yang terletak di dalam area Tamansari (Taman Wihemmina), bersebelahan dengan Rumah Residen (Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang).

Semoga Pangkalpinang Ku semakin jaya dalam kedaulatan Pemerintahan Republik Indonesia ini. Semakin dikenal dengan semboyan "Serumpun Sebalainya". I Love Pangkalpinang. Salam...

Comments :

0 komentar to “Pangkalpinang dan Sejarahnya”


← Previous Post Next Post → Home

Berlangganan Artikel! Masukkan alamat Email Anda di sini: