Integritas Search Engine
Salah satu alasan kenapa search engine yang ada sebelum Google menurun popularitas dan kegunaannya adalah munculnya paid-listing. Di mana search engine yang 'lapar' akan bayaran/penghasilan menjual posisi dalam hasil pencarian kepada para pemasang iklan. Pelemahan terhadap obyektivitas tersebut meracuni hasil pencarian dan meremehkan prinsip demokrasi yang dimiliki situs web. Perbedaan antara search engine, yang seharusnya menampilkan hasil yang anda cari, dengan saluran browser, yang membawa anda ke bisnis affiliasi, mengabur. Walaupun banyak search engine yang menolak menjual posisi dalam hasil pencarian mereka, keraguan dan ketidakpercayaan telanjur menyebar di hati para pengguna.
Google memulai sebuah kebangkitan kembali antara kegunaan dan kepercayaan terhadap sebuah mesin pencari. Integritas Google terlihat dari halaman situs mereka yang bersih dari segala macam tetek bengek, dan semata-mata menonjolkan satu hal yaitu kata "Search". Memang Google menerima iklan, tetapi iklan yang mereka terima dipisahkan dari hasil pencarian. Mungkin tidak semua orang setuju dengan cara Google merangking hasil pencarian, tetapi tidak ada seorang pun yang mengira bahwa rangking teratas di hasil pencarian Google bisa dibeli.
Google seperti Search Engine yang lain, menggunakan software otomatis untuk membaca, menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website anda. Hal ini berarti bahwa unsur-unsur visual dari website seperti layout, warna, animasi, flash, visualisasi yang sederhana dan grafik lainnya akan diabaikan. Search Engine Google adalah seperti orang buta yang membaca buku dengan menggunakan huruf Braille. Berikut ini Pemikiran pokok yang harus anda ketahui tentang Search Engine Google:
Jadi, apa yang dimaksud dengan ranking?
Jika kita mengetik contoh “ebook” ke dalam kotak pencarian di Google, maka kita akan mendapatkan tampilan daftar (default: 10 listing per halaman) yang Google anggap paling relevan, kemudian akan difilter sesuai dengan relativitas keinginannya. Website yang paling relevan dan paling penting akan ditampilkan dalam daftar secara descending (mulai dari paling relevan hingga tidak begitu relevan). Untuk Google, relevansi halaman web tergantung pada seberapa baik halamannya pada kata atau phrase pencarian.
Arti penting pada sisi lain yaitu bergantung pada kualitas dan kuantitas (jumlah) link yang menunjukkan ke halaman website anda dari halaman website lain. Jika website anda tidak tampil pada top 30 itu karena trafik Google atau Search Engine sangat cepat berubah, atau hal ini disebabkan oleh jarangnya orang mencari halaman website tersebut.
Kapan Google datang mengunjungi website Kita?
Untuk masuk dalam daftar indeks Database Google, maka Google akan mengunjungi websie anda dengan menggunakan:
- Robot
- Spider
Kedua program ini akan membaca setiap halaman melalui halaman utama dan diikuti dengan memasuki setiap link ke semua halaman website kita. Google tidak akan menambahkan halaman web kita ke dalam indeks databasenya kecuali jika ada minimal satu halaman web lain dalam indeks tersebut yang mempunyai link ke satu halaman lainnya. Jadi jangan pernah memasukkan website kita secara langsung ke Google.
Atur terlebih dahulu setiap link halaman web kita sebelum di masukkan ke Google. Dahulu Google mempunyai 2 tipe Crowl (penjelajah website), yaitu:
- Deep Crawl atau Main Crawl
- Fresh Crawl
Semakin popular website kita, semakin sering Google mengunjungi website tersebut. kita dapat menentukan kapan website kita terakhir dikunjungi oleh Google dengan melihat tanggal yang tampil pada baris paling bawah di listing hasil halaman pencarian Google.
- Deep/Main Crawl & Google Dance
Hal ini merupakan kritik pada website kita yang berjalan ketika Google mengunjunginya. Jika website kita di bawah, maka listing di Google, kemungkinan menghilang yang akan tampil pada update berikutnya. Google akan berpikir bahwa website kita tidak lagi ada dan kemungkinan dibuang dari indeks dalam database Google.
Proses ini umumnya dimulai minggu terakhir dari tiap bulan dan akan berlanjut sampai minggu tertentu. Indeks akan diperbaharui biasanya didasarkan pada isi website yang mereka punyai disimpan dalam database di awal bulan untuk website kita, oleh karena itu maka perhitungan ranking akan dilakukan berulang kali untuk masing-masing halaman dari setiap website. Karena banyaknya halaman indeks website yang ter-indeks oleh Google, perhitungan ini membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.
Selama periode ini, pencarian ranking dapat berubah, bahkan perubahan sampai pada tiap menit. Fluktuasi bulanan ini dimasukkan ke dalam Google Dance. Anda dapat melihat versi dari indeks server yang berbeda pada TOP TEN Data Center utama Google dengan menggunakan tool Google Dance yang dapat di download di sini
- Fresh Crawl
Oleh karena itu halaman ini tidak mempunyai urutan yang akurat sampai Main Crawl pada website tersebut. Proses ini disebabkan karena halaman web baru tersebut akan dibandingkan lagi dengan halaman web secara keseluruhan pada indeks utama. Jika kita tertarik, kita dapat memeriksa file log server anda untuk useragent Googlebot.
Bagaimana Google menggolongkan website?
Google menggunakan suatu alat canggih dan algoritma kepemilikan untuk mengatur rangking website yang menggunakan lebih dari 100 kriteria yang berbeda dalam perhitungan, masing-masing pertimbangan berubah setiap saat. Karena algoritma yang berubah-ubah maka dibutuhkan tehnik tertentu yang akan digunakan untuk bekerja dengan baik dari waktu ke waktu.
Hal ini sangat penting untuk diingat ketika anda menginginkan website yang kita buat tidak diubah kedudukan (ranking)nya dengan alasan apapun. Untuk alasan ini, pengoptimalan website kita tidak dilakukan sekali saja. Anda harus selalu mencoba, mengkaji dan memperbaiki website yang kita buat. Sebenarnya, algoritma Google dapat dikelompokkan menjadi 2 faktor utama, yaitu:
- Faktor Keyword (Textual)
- Faktor Link (PageRank)
- Faktor keyword dan relevansi halaman website
Seberapa baik anda menentukan tema dari website anda dan seberapa baik anda mengoptimalkan penggunaan keyword yang akan sangat mempengaruhi rangking website kita di Google.
Secara rinci, Google akan memperhatikan jika ada teks dari link website lain menunjuk/mengarah ke website kita, judul, isi dari link halaman website tersebut yang juga berisi keyword kita.
- Faktor Link (PageRank) & keutamaan halaman web
Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena faktor kualitas dari website tersebut juga patut menjadi perhitungan.
Google akan mencari link yang akan ditunjuk ke halaman website kita dari website lain. Google mempercayai bahwa kalau ada link dari website A ke website B adalah vote yang penting dari website B. Dimana hal ini akan menolong setiap halaman di website anda mempunyai nilai PR (PageRank). Pada umumnya nilai PR ini selalu paling tinggi untuk halaman web Home yang banyak dikunjungi para netter sebelum mereka masuk ke sub halaman website kita (melalui link tentunya).
Semakin banyak website lain yang mempunyai link ke website kita (relasi), maka semakin penting dan semakin sering kunjungan Google dan semakin tinggi juga nilai PR kita. Lebih dari itu, kualitas dan kuantitas dari suatu link juga dipertimbangkan mengingat tidak semua link akan bernilai sama. Pelihara ingatan anda tentang PageRank, karena faktor tunggal ini digunakan untuk penyusunan urutan website dalam database Google (Ranking).
Yang perlu kita ingat, PageRank bukan faktor utama di dalam keyword yang digunakan di website kita. Nilai PageRank akan aktif setelah membandingkan halaman pada website di dalam indeks Google vs halaman web yang lain (lebih dari 3,3 Milyar halaman web).
Top 5 dalam pencarian Google
Walaupun Google melihat dari 100 kategori yang berbeda untuk mengurutkan website, disini ada 5 aspek yang sangat berpengaruh dan harus dimengerti secara serius tentang top ranking adalah:
- Keyword digunakan di dalam judul halaman web anda (letaknya diantara tag <TITLE>).
- Keyword digunakan di dalam heading (H1) dan di paragraf pertama halaman website kita.
- Keyword digunakan di dalam teks link, keduanya di website anda dan di website lain.
- Nilai PageRank dari halaman websitekita, tergantung banyaknya link menuju ke website kita dari website lain.
- Halaman yang berisi lebih dari 200 kata dari teks yang relevan (semakin banyak semakin baik)
Semoga Artikel Menguak Cara Kerja Google ini sangat membantu.
Comments :
0 komentar to “Menguak Cara Kerja Google”