Entah anda perhatikan atau tidak, hampir
di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat batu kerikil yang terletak
di bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api. Batu kerikil
ini memang sengaja disebar di sekitar rel kereta api tersebut. Dan
ternyata batu kerikil ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk
menunjang keberadaan rel kereta api yang berdiri di atasnya.
Fungsi Batu Kerikil pada Rel Kereta Api
Fungsi batu kerikil pada rel kereta api yang pertama adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu
kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga
kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan
dengan baik.
Batu kerikil ini juga berfungsi untuk
menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah
lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat
dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan
untuk waktu yang lama.
Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar
aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya
pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api. Dimana
bila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan kecelakaan serius bagi
kereta yang melintas seperti kereta anjlok dan yang lainnya.
Dan yang terakhir, batu
kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar
rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung
maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal
ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak
stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.
Mengapa di Beberapa Tempat Tidak Terdapat Kerikil ??
Seperti yang kita lihat pada beberapa
tempat, ada posisi-posisi tertentu dimana di bawah rel kereta api tidak
terdapat batu kerikil. Seperti rel kereta api yang terdapat di atas
jembatan atau jalan raya, dimana tidak terdapat satu butir pun batu
kerikil yang sangat berperan penting bagi keberadaan rel kereta api. Hal
ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil
alih fungsinya oleh mekanisme lain.
Pada jembatan kereta api, jembatan sudah
dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan
terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel
kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan
peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut,
tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta
api.
kutip : politik-hukum.lintas.me
Comments :
0 komentar to “Inilah Alasan kenapa Rel Kereta Api Banyka Batu Krikil”